Percuma kata “DAMAI” kalo satu sama lainnya selalu mempermasalahkan perbedaan

Sebuah kesalahan ketika kau memilih dan kemudian kau lebih suka menganggap “SALAH” orang lain yg beda pilihan dari apa yg kau pilih,,,! Sesungguhnya tiap-tiap pilihan adalah sebuah batasan kemanusiaan seseorang dlm memahami sesuatunya,,,! Percayalah, tiap manusia menginginkan sesuatu yg baik, dan manusia cenderung memilih pada sebuah pilihan yg paling gampang dan paling mereka mengerti,,,! Maklumilah,,,

Manusia diciptakan dengan kelebihan yang berbeda-beda,,! Baik itu menyangkut kehidupan, jenis kelamin, sifat, watak, tempat tinggal dan lain sebagainya,,!

Tiap-tiap pilihan adalah fasilitas penunjang kesinambungan, kemudahan, dan kelancaran proses menjalani hidup. Dan Sebuah kenyataan ketika kita berada disuatu pilihan akan ada pilihan yang dikorbankan, akan ada yang benci, akan ada pula yang menyukai, tapi itulah konsekwensi memilih dan harusnya kita bisa memilah milih yang mana patut ditanggapi dan mana yang harus diabaikan.

Hal ini bisa juga dikaitkan pada Pilihan dalam romantisme kehidupan kisah percintaan sepasang manusia, atau pun pekerjaan seseorang dalam mencari nafkah dan lain sebagainya,, Heheheehe,, 😆

Ketika kita berada disuatu tempat, dan sama berniat untuk pergi suatu tempat dengan kawan lain. Maka menjadi suatu kewajaran ketika timbul perbedaan. Bukan pada tujuan tapi fasilitas yang dipilih untuk dipergunakan menuju tempat tujuan bersama. Kamu memilih naik pesawat, kawanmu memilih naik kapal laut, ada pula yang memilih naik kereta api atau pun mobil.

Disinilah kadang kala menjadi letak pertikaian dan perselisihan. Yang naik mobil menganggap salah karena naik pesawat, yang naik kereta api menganggap yang naik mobil itu salah, begitu seterusnya sampai akhirnya lupa, bahwa sesungguhnya tujuan kita adalah sama. Perbedaan pilihan itu dikarenakan perbedaan tingkatan taraf kemampuan masing-masing individu, karena mabuk laut, mabuk darat atau pun mabuk udara, kesemuanya itu adalah terkait pada kemampuan dan mutu diri yang tak setara.

Satu contoh lagi, suatu objek kalo dilihat dari objek yang berbeda maka akan menghasilkan kesimpulan objek yang berbeda-beda. Dan sebuah kesalahan kalo kita hanya memperdebatkan perbedaan itu sendiri tanpa pernah mencoba melihat dan mengamatinya dari sisi keseluruhannya.

Keangkuhan, kesombongan, ke-egoisan dan lain sebagainya. Terkadang kesemuannya itu adalah pencetus utama sikap keras seseorang dalam bersikap dan menanggapi perbedaan. Sampai akhirnya tanpa sengaja kian mengenyampingkan kerendahan hati dan kebijakan diri dalam mengkonsumsi tiap-tiap perbedaan.

Sudahlah,,, perseteruan hanya akan menampakkan pemandangan tragis dan sadis pada kehidupan yang sebenarnya indah ini. Jika Mereka menurutmu salah yah sampaikanlah dengan penuh kasih dan rasa memahami, bukannya ngotot dan menghardik dengan sikap penuh benci. Toh percuma untuk memperingati mereka yang sudah tertutup hati dan fikirannya, maka tinggalkan dan abaikan saja mereka.

Hijrahlah (pindahlah) pada kehidupan yang lebih memahami kamu, bukan karena kalah, tapi untuk menjaga ketentraman dan kedamaian yang kini menjadi teramat mahal harganya.

Kawan,,, Manusia adalah mahkluk yang paling kaya atas keaneka ragaman, dan karena perbedaan itulah manusia pada akhirnya saling membutuhkan. Itu sudah menjadi Ketetapan Tuhan pada manusia.

Kau, aku dan kalian mungkin berbeda, maka karena perbedaan itulah, kau, aku dan kalian akan menjadi warna yang akan memperindah dunia. Dan sesungguhnya keragaman itu takkan pernah melunturkan Keesaan Tuhan dalam memberi kasih kepada semua makhluk ciptaannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: