Mengetahui masalah sebelum terjadi masalah,,! (Renungan)

Siapa yang tidak pernah mengalami masalah,,? Tiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya masalah,,,! Masalah Tidak pernah memandang siapa,, mau miskin, kaya, pintar, bodoh, atau segala macamnya,,,! Semua orang pasti pernah mengalami masalah,,, dan hampir tiap-tiap masalah berjenis sama namun pada taraf dan porsi yang beda untuk tiap-tiap individunya.

Masalah Ekonomi, kesehatan & hubungan antar sesama manusia selalu menjadi masalah umum yang kita alami.

Sudah jadi pemandangan sehari-hari akan warna-warni ragamnya masalah yang terjadi, mulai dari yang kita alami sendiri sampai masalah yang dialami oleh orang terdekat kita, entah itu sahabat, keluarga, atau pun tetangga disekitar rumah.

Lantas kira-kira, apakah kita bisa menerka tiap-tiap masalah yang akan menerpa diri kita,,,?! Saya berani mengatakan BISA,,!!

Kawan,,, Satu hal yang patut dipahami, Pada dasarnya bahwa tiap masalah yang sering terjadi tak pernah lari jauh pada tiap masalah yang kita lihat & dengar, maka sepantasnyalah kita selalu mau peduli memetik hikmah pada tiap masalah yang kita lihat & dengar tersebut.

Namun terkadang kita justru mencemooh, mencibir atau menghinakan seseorang ketika seseorang tersebut mengalami masalah,,,! Nah,, kasus seperti inilah yang kebanyakan justru mendekatkan kita dengan masalah tersebut,,! Makin dicibir, makin dicemooh, makin dihina, maka makin dekat pula dengan diri kita,,!

Mereka yang tak memperdulikan, mereka yang tidak pernah mengambil hikmah pada tiap jengkal kehidupan & tutur ucap sebuah nasehat, mereka itulah orang-orang yang akan memiliki banyak masalah & akan selalu merasa terpenjara dalam jeruji masalah, yang mana baginya hidup adalah sesuatu yang takkan pernah indah untuk dijalani, dan sehari-harinya hanya mengumbar benci & amarah.

Doa, Syukur & kerja keras,,! 3 hal tersebutlah yang harusnya menjadi kunci penyelesaian setiap masalah,, karna dahsyatnya doa sebuah kehilangan bisa diredam menjadi sabar, karna dahsyatnya syukur sebuah ketiadaan bisa menjadi sebuah kecukupan, karna dahsyatnya kerja keras sebuah kekurangan bisa berubah menjadi kekuatan,,,! Mempositifkan diri dengan menghargai tiap rezeki.

Bukankah seorang pelaut selalu percaya dengan gejala & tanda-tanda alam akan datangnya sebuah badai,,,? Seperti itulah kira-kira kita dapat menerka tiap masalah yang akan datang terlepas dari apa-apa yang diluar perkiraan kita yang sudah menjadi ketetapan TUHAN yaitu TAKDIR.

Saya percaya, tiap masalah yang datang takkan lari jauh dari tiap apa yang kita lihat atau dengar, semua itu karena sifat TUHAN yang Maha Kasih,,! Lihat saja didalam kitab suci, banyak tertuang contoh permasalahan yang tertuang didalamnya yang akhirnya adalah masalah-masalah yang sering kita alami. Pengkhianatan, kebohongan, kedurhakaan, perampasan, pencurian dan lain sebagainya.

Sekali lagi kawan,, tiap masalah yang akan kita alami, takkan pernah jauh pada apa yang kita lihat & dengar.

TUHAN memberikan kita akal & hati nurani,, itulah karunia terbesar yang tidak diberikan TUHAN selain Manusia,, maka seharinya kita harus mampu menggunakan karunia itu semaksimal mungkin,,!

Masalah adalah tempa sejatinya tiap manusia,,,! Layaknya dari sebongkah besi yang menjadi sebilah pedang, yang terbentuk oleh prosesnya, dibakar, dipukul, dicelup di air, dibakar lagi, dipukul lagi, sampai menjadi sebilah pedang yang sempurna. Seperti itu pula kita kawan, tak perlu untuk menjadi sempurna, setidaknya mampu berguna & bermanfaat untuk orang lain.

Ingatlah kawan,, sebesar apapun masalahmu,, slalu ada kekuatan yang selalu sedia menguatkan hati & fikiranmu,,,! Dialah yang slalu ada,, TUHAN,,,! Namun disamping itu,, jangan pernah lupa untuk cermati & mengambil hikmah dari tiap masalah disekitarmu.

Keep fight kawan,, 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: